Ciri-Ciri Negatif Manusia Indonesia

Ciri-ciri manusia negatif Indonesia menurut Mochtar Lubis antara lain sebagai berikut ;

 

1.                  Tidak hemat, cenderung boros, bahkan banyak manusia Indonesia yang membelanjakan penghasilan yang belum diterimanya. Contohnya: membeli barang secara kredit (kendaraaan bermotor atau barang elektronik).

 

2.                  Tidak suka bekerja keras (kecuali terpaksa). Contohnya: banyak orang menempuh jalan pintas untuk cepat kaya dengan melakukan tindak korupsi, penipuan, dan pencurian. Ingin cepat menyandang gelar dengan menjiplak skripsi orang lain. Ingin mendapatkan kedudukan atau jabatan secara cepat tanpa melalui prosedur yang sah. Harta, gelar, kedudukan dirasakan akan meningkatkan status sosialnya. Menjadi pegawai negeri bukan karena ingin mengabdi kepada rakyat. Generasi mudanya ingin cepat menjadi kaya, ingin menjadi pelukis terkenal, igin menjadi juara ini, juara itu tanpa bersusah payah. Koentjaraningrat menyebut kondisi ini dengan istilah mental suka menerabas.

 

3.                  Cepat cemburu, dengkiterhadap orang lain yang berhasil. Misalnya menyebarkan fitnah untuk menjatuhkan orang yang sukses atau bahkan membunuhnya denagan cara santet.

 

4.                  Suka meniru, disebabkan lemahnya kepribadian. Banyak remaja yang mengecat rambutnya dengan warna menyerupai warna rambut orang Barat.

 

5.                  Malas, mungkin disebabkan karena alam yang subur sehingga mudah menghasilkan sesuatu dan kurang rajin menabung untuk masa depan.

Tentang juliardibachtiar

saya adalah seorang manusia biasa yang terbiasa mencari suatu ilmu yang luar biasa dengan cara yang tak biasa.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s