Manusia dan Penderitaan

Sebagian kita ketika mendengar kata “Penderitaan” mungkin merasa sangat ketakutan, atau mungkin ada orang yang sudah bosan dengan penderitaan itu. Bagi orang yang ketakutan, jangan sampai penderitaan itu sampai kepadanya untuk memikirkannya saja ia takut, apalagi penderitaan itu harus menghampiri dirinya. Oleh sebab itu ia harus melakukan dengan berbagai cara agar dirinya tidak menjumpai penderitaan itu. Sedangkan orang yang sudah menganggap dirinya sering dijumpai penderitaan akhirnya hanya pasrah menerimanya, karena tidak memiliki kuasa apapun dalam dirinya. Penderitaan mengaturnya menjadi pribadi yang pasrah, tanpa sikap yang jelas.

Semua itu sering membuat manusia gelap gulita. Akibatnya, bisa stress dan takut kehilangan akal dan cara berfikir sehat alias gila, mengamuk dan bunuh diri. Pada saat yang demikian, hanya kesabaran yang akan menjadi cahaya dalam hidupnya, hanya kesabaran yang akan menuntunnya keluar dari krisis yang sedang ia hadapi. Sungguh, kesabaran merupakan pelita yang akan menuntunnya bertemu dengan rahmat dan kasih sayang Allah SWT.

Yang sedang diuji dan dicoba Allah, kalau ia sabar, maka kesabaran akan menuntunnya untuk berkata inna lillahi wa inna ilaihi ro’jiun (kita semua dari Allah, dan kepada Allah pula kita dikembalikan).

Kalau saja kita semua bertemu dengan kesabaran, dan menggunakan kesabaran tersebut sebagai pakaian, maka sabar akan menunjukkkan kita ke dalam kebahagiaan.

Tentang juliardibachtiar

saya adalah seorang manusia biasa yang terbiasa mencari suatu ilmu yang luar biasa dengan cara yang tak biasa.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s