Tinjauan Ilmu Sosial Budaya Dasar

HUBUNGAN ANTARA ILMU SOSIAL BUDAYA DENGAN ANTROPOLOGI BUDAYA

Antropologi Budaya ialah bagian dari antropologi yang mengkaji aneka kebudayaan manusia di muka bumi ini. Salah satu pendekatannya adalah dengan membandingkan kebudayaan berbagai bangsa, pendekatan ini disebut lintas budaya. Pendekatan lain misalnya melalui kajian etnografi, yaitu penggambaran suatu suku bangsa secara menyeluruh.

Antropologi Budaya terbagi atas beberapa bagian, berikut ;

a.                  Prehistori adalah ilmu yang mempelajari perkenbangan dan persebaran semua kebudayaan manusia pada zaman prasejarah (sebelum manusia mengenal tulisan).

b.                  Etnolinguistik (Antropologi Linguistik) adalah ilmu yang mempelajari ciri dan tata bahasa berbagai suku bagsa dan persebarannya, yang dikaikan dengan kebudayaan suku bangsa tersebut.

c.                  Etnologi adalah ilmu bagian dari antropologi yang mengkaji pengertian mengenai asas-asas kemanusiaan melalui pengkajian.

d.                  Etnopsikologi atau Antropologi Psikologi adalah bagian dari Antropologi Budaya yang menggunakan konsep-konsep psikologi. Dalam penelitiannya, etnopsikologi bermula dari kemunculan berbagai masalah yang berkaitan dengan kepribadian bangsa, peranan individu dalam perubahan adat istiadat, dan masalah nilai-nilai umum dari konsep-konsep psikologi.

e.                  Spesialisasi Antropologi adalah pengkhususan kajian antropologi terhadap masalah-masalah praktis dalam masyarakat. Spesialisasi antropologi ini tidak terbatas, biasanya ialahir berdasarkan kebutuhan, terutama kebutuhan untuk memahami dan megatasi masalah yang muncul di dalam msyarakat, seperti ekonomi, politik, kependudukan, kesehatan, kesehatan jiwa, pendidikan, perkotaan, agama, dan gizi.

f.                    Antropologi Terapan adalah bagian antropologi yang digunakan untuk tujuan-tujuan praktis, misalnya dalam pemerintahan, pendidikan masyarakat, dan peperangan.

g. Arkeologi

Arkeologi berasal dari kata archeas, ancient, yang berarti zaman dahulu atau zaman purba, logos artinya ilmu. Arkeologi adalah ilmu yang mengkaji penemuan-penemuan peninggalan kebudayaan dan fosil-fosil manusia purba. Penemuan-penemuan arkeologi akan memberi gambaran kepada kita tentang keadaan orang-orang prasejarah beserta kebudayaannya. Data-data yang ditemukan oleh ahli arkeologi akan menjadi bahan kajian bagi ahli antropologi untuk kebudayaan manusia.

Tentang juliardibachtiar

saya adalah seorang manusia biasa yang terbiasa mencari suatu ilmu yang luar biasa dengan cara yang tak biasa.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s