Manusia dan Pandangan Hidup

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

 

Setiap manusia yang hidup di dunia ini, pastilah harus memiliki pandangan hidup. Mengapa ? Karena tanpa memiliki pandangan hidup, takkan ada kecakapan dalam hidup dan keimanan dari manusia tersebut. Keimanan adalah salah satu faktor dari unsur-unsur dari pandangan hidup manusia. Di mana empat unsur dari pandangan hidup tersebut adalah cita-cita, kebajikan, usaha, dan keyakinan/keimanan.

Cita-cita merupakan pandangan hidup manusia yang berorientasi pada pandangan di masa depannya. Manusia mempunyai tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang. Semua itu menjadi pemikiran manusia untuk menentukan pandangan hidupnya untuk mencapai tujuan atau cita-citanya. Seperti apa cita-cita kita nanti, pasti akan menentukan pandangan hidupnya dari sekarang.

Kebajikan atau kebaikan adalah perbuatan moral manusia yang mengarah pada norma agama. Pandangan hidup kita tentang menilai sesuatu itu baik atau buruk akan mempengaruhi pandangan hidup atau langkah manusia untuk mencari kebaikan atau keburukan. Semua tercermin dari tingkah laku manusia itu sendiri. Langkah manusia untuk menilai baik atau buruknya sesuatu berimbas pada pandangan hidup manusia itu sendiri dan menjadikan kita seperti apa nantinya.

Usaha, kuat kaitannya dengan yang namanya cita-cita. Karena untuk mencapai cita-cita atau tujuan, manusia memerlukan perjuangan atau usaha. Dunia memang mengajarkan manusia secara alaamiah untuk bekerja keras dalam mencapai tujuan apapun, sama halnya seperti perintah agama yang memerintahkan manusia untuk bekerja keras. Dalam usahanya mencapai tujuan tersebut, manusia harus menentukan kemana arah pandangan hidupnya.

Keyakinan/keimanan mutlak menentukan pandangan hidup manusia di dunia. Agama pasti memerintahkan manusia untuk menjalankan pedoman hidup yang telah tertulis dalam kitab suci. Untuk mencapai ridho Allah swt., manusia akan menaruh pandangan hidupnya tak hanya dari segi duniawi tapi juga bagaiman caranya berusaha mencapai cita-cita dan berbuat kebajikan agar memperoleh tempat yang layak di akhirat nanti.

Tentang juliardibachtiar

saya adalah seorang manusia biasa yang terbiasa mencari suatu ilmu yang luar biasa dengan cara yang tak biasa.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s