Manusia dan Tanggung Jawab

Dalam kehidupan, manusia pasti tak pernah lepas dari yang namanya tanggung jawab. Setiap langkah, sifat, sikap maupun perkataan manusia pasti menghasilkan rasa tanggung jawab di dalamnya. Tanggung jawab tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Contoh tanggung jawab tentang menafkahi keluarganya bagi seorang ayah, tanggung jawab orang tua dalam menjaga anaknya, tanggung jawab anak menghormati orang tuanya, atau tanggung jawab manusia di dunia terhadap Tuhan.

Tanggung jawab merupakan kewajiban yang harus dipenuhi manusia akibat dari perbuatannya. Tanggung jawab manusia mampu meliputi bberapa jenis antara lain,

1.      Tanggung jawab terhadap diri sendiri.

2.      Tanggung jawab terhadap keluarga.

3.      Tanggung jawab terhadap masyarakat.

4.      Tanggung jawab terhadap bangsa/negara.

5.      Tanggung jawab terhadap Tuhan.

 

Apa yang akan terjadi dalam hidup manusia akan menjadi tanggung jawab untuk dirinya sendiri. Baik atau buruk langkah yang telah diambil manusia pasti ada konsekuensi yang harus dibayar.

Seperti halnya sang nahkoda dalam memimpin kapalnya untuk mengarungi samudera, ia harus bertanggung jawab kepada laju dan keselamatan kapal dan para penumpangnya untuk sampai pada tujuannya, seorang ayahpun harus melakukan tanggung jawab yang serupa untuk keluarganya. Mencari nafkah, mendidik istri, ataupun membesarkan anak merupakan contoh dari tanggung jawab orang tua terhadap keluarganya.

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan pertolongan sesamanya. Oleh karena itu manusia tak hanya meminta haknya untuk terpenuhi, namun juga memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitarnya maupun masyarakat luas. Contohnya dalam menjaga lingkungan dari kejahatan, menjaga kebersihan lingkungan dan sebagainya.

Jika melihat bangsa/negaranya terserang atau teraniaya, maka sudah menjadi tanggungjawab manusia untuk menjaga kedaulatan negaranya.

Tuhan yang memberikan kehidupan kepada manusia.Sudah sewajarnya dan seharusnya kita sebagai manusia untuk memberikan tanggung jawab yang terbaik kepada Tuhan sebagai wujud balasan manusia karena anugerah-Nya. Menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya merupakan bentuk nyata kita sebagai manusia untuk melakukan tanggung jawab terhadap Tuhan.

Tentang juliardibachtiar

saya adalah seorang manusia biasa yang terbiasa mencari suatu ilmu yang luar biasa dengan cara yang tak biasa.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s