Kesucian Jiwa

Pengertian qur`ani tentang kesucian berbeda makna dengan yang dipahami oleh masyarakat awam. Menurut Al-Qur`an, su­ci adalah keadaan yang dialami dalam jiwa seseorang. De­mikianlah, kesucian berarti seseorang telah sama sekali mem­­bersihkan dirinya dan nilai-nilai moral masyarakatnya, ben­tuk pola pikirnya, dan gaya hidup yang bertentangan de­ngan Al-Qur`an. Dalam hal ini, Al-Qur`an menganugerahkan ke­­te­nangan jiwa kepada orang-orang beriman.

Tahap awal dari keadaan suci ini berwujud dalam pemikir­an. Tak diragukan lagi, ini merupakan satu kualitas ter­pen­ting. Kesucian jiwa yang dialami manusia tersebut akan ter­­pan­­car dalam segala aspek kehidupan. Dengan demikian, mo­ral terpuji orang tersebut akan nyata bagi siapa saja.

Manusia yang berjiwa suci akan menjauhkan pikirannya da­ri segala bentuk kebatilan. Mereka tidak pernah berniat me­nyakiti, cemburu, kejam, dan mementingkan diri sendiri, yang semuanya merupakan perasaan tercela yang diserap dan di­tampilkan oleh orang-orang yang jauh dari konsep moral Al-Qur`an. Orang-orang beriman memiliki jiwa kesatria, kare­na mereka merindukan moral terpuji. Inilah sebabnya, terle­pas dari penampilan ragawi, orang-orang beriman pun me­na­ruh perhatian besar pada penyucian jiwa mereka—dengan cara men­­jauhi semua keburukan yang muncul dari kelalaian—dan mengajak orang lain untuk mengikuti hal yang serupa.

 

Sumber : ‘Keindahan Dalam Kehidupan’ karya Harun Yahya

Tentang juliardibachtiar

saya adalah seorang manusia biasa yang terbiasa mencari suatu ilmu yang luar biasa dengan cara yang tak biasa.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s