Manusia dan Kegelisahan

Kegelisahan merupakan sifat alamiah manusia yang muncul akibat ketidaktenangan dalam dirinya. Sangat manusiawi jika semua manusia mengalaminya. Kegelisahan kuat hubungannya dengan kecemasan dalam hati manusia. Misalkan kegelisahan saat seorang mengalami kerinduan terhadap keluarga atau kekasihnya namun kerinduan tersebut belum dapat terpenuhi olehnya. Kegelisahan mampu membuat seseorang merasa kacau dan tak dapat berpikir tenang, karena kegelisahannya tersebut mampu mengalahkan logika berpikirnya.

Cemas, tidak sabar, ataupun khawatir merupakan ciri-ciri manusia yang sedang mengalami kegelisahan. Tak sedikit kegelisahan tersebut harus berujung pada kematian. Contohnya saat seorang terhimpit dalam masalah hutang, kemudian ia merasa cemas tak mampu membayar hutang tersebut, akhirnya ia bunuh diri dengan harapan bahwa ia dapat lari dari masalah dunia tersebut.

Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi kegelisahan? Tentu ada cara untuk mengatasi kegelisahan, yaitu dengan lawan kegelisahan, ketenangan. Bersikap tenanglah terlebih dahulu jika kita merasa gelisah. Duduk dan tarik nafas sedalam-dalamnya, lalu buang secara perlahan. Diawali dari rasa tenang tersebut maka kita mampu mengendalikan kegelisahan kita karena semua rasa gelisah disebabkan oleh perasaan kita sendiri. Jika kita mampu untuk menyeimbangkan antara logika dan perasaan, maka kuncinya kita bisa melawan kegelisahan.

Tentang juliardibachtiar

saya adalah seorang manusia biasa yang terbiasa mencari suatu ilmu yang luar biasa dengan cara yang tak biasa.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s